Senin, 14 Juli 2008

File system windows corrupt

Hari ini, aku diminta Pak Dicky (Kasie Jaringan dan Rujukan Statistik) memperbaiki PC bagian neraca. Dalam hati aku bertanya (kayak puisi aja...:p),'Bisa nggak ya...?'. Masalahnya ini menyangkut command prompt and registry windows. Oke dech, aku coba.... Berbekal nekat dan semangat 45 (smangat untuk belajar boo), aku coba didampingi Pak Koes (pensiunan yang masih awet di jaringan BPS Prov. Jatim).
Ternyata, permasalahannya adalah file corrupt di C:\windows\system32\config\system. Ku siasati aja dengan cara mengkopi system dari PC lain. Eh...akal bulusku gagal. Tau nggak kenapa? karena file itu masih digunain user lain.. dan user lain itu adalah admin (Wow!, so gmn dunk...).
Kucoba lagi dengan memilih opsi recovery. Ternyata, banyak pertanyaan yg muncul di benakku. 'Ini command promptnya apa ya..?' . Secara, aku familiar di Linux dan tiba2 dihadapkan pada command prompt windows (hanya sedikit yang aku tahu).
Dan akhirnya..jreng jreng!!! berbekal nekat dan akses internet tak terbatas aku menemukan caranya. Mau tahu? Nih cara-caranya:
1. Masukkan cd instalasi windows XP
2. Pada windows setup, pilih opsi recovery dengan menekan tombol 'r'
3. Lalu ketik 1 pada command prompt
4. Ketik 'md tmp'
5. Ketik 'copy C:\windows\repair\system C:\windows\system32\config\system'
6. Ketik 'exit'
7. Restart
Alhamdulillah berhasil, bisa masuk windows. Padahal sebelumnya nggak bisa. Seperti dosenku, hanya seulas senyum manis (emang manis???iya,banget.hahaha) dan lafal hamdalah. Alhamdulillah...
Sini bos! apa lagi yang bisa kukerjakan?? (cieee...padahal web community jatim aja blm kelar ditambah vista, visual basic, mfd, citra satelit!!!!!!!!!!!!!!) tapi nggak apa2.Tetep semangat!!! Betul nggak???

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh juga nih tips,
Aku sering ngalamin kayak gitu lho mbak.

Trus sekalian nanya ya?
Laptopku kalo booting pasti ada pres F1 to continue. ada bad sector 8 kb di C.

Ada solusi, ato pendekatan lain?

Dewi Andriyanti mengatakan...

F1 saat booting : hmmm solusinya coba edit BIOS (halt on= no error)
Bad sector di C : coba pake HDD Generator
Selamat mencoba ^^;;